Home » , » cara mendeklarasikan dan inisialisasi string pada pemrograman c

cara mendeklarasikan dan inisialisasi string pada pemrograman c

Posted by Tutorial Programming on Rabu, 04 April 2012


STRING
        String adalah sebuah array yang bertipe char yang diakhiri dengan karakter null (\0).
Sebagai contoh, deklarasi dibawah ini merupakan deklasai sebuah array yang bertipe char, dan bisa disamakan dengan deklarasi sebuah string dengan nama st.
            char array_ch[7] = {`H', `e', `l', `l', `o', `!', `\0'};

     Dalam C, karakter null dapat digunakan untuk menandai akhir sebuah string. Setiap karakter akan membutuhkan 1 byte dalam memori. Sekumpulan karakter-karakter yang diapit dengan kutip ganda ("") disebut sebagai konstanta string. C akan secara otomatis menambahkan karakter null pada setiap akhir konstanta string untuk menandakan akhir dari sebuah string.

Mendeklarasikan String
     Cara pendeklarasian variabel-variabel yang berjenis string dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
     char nama[21];
     char *nama2;
      Kedua cara tersebut dapat dipergunakan. Cara ke-1 adalah dengan membuat suatu array char sebanyak 21 karakter. Pada langkah ini, variabel nama hanya diperbolehkan diisi sampai panjangnya 20 karakter karena untuk menutup suatu string membutuhkan satu byte untuk karater null.
Cara ke-2 adalah dengan membuat suatu variabel ke suatu pointer char, yang menunjuk ke suatu alamat di memori yang berisi data stringnya (isinya).
     Cara pendeklarasian yang ke-1 (array) lebih baik dari pada yang pointer,  karena kalau membuat string sebagai pointer maka ketika akan mengisikan data maka harus meminta tempat dulu ke memori untuk menampung datanya contohnya dengan malloc, karena ketika kita tidak meminta alokasi memori dulu, maka ada kemungkinan data string yang diisikan ke pointer akan mengisi ke suatu tempat yang dimiliki oleh variabel lain.

Inisialisasi String
Cara untuk menginisialisasi string, dapat dilakukan dengan salah satu cara di bawah ini :

char nama[]="Ini adalah string";
char nama2[]={'i','n','i', ' ','s','t','r','i','n','g','\0'};
char nama3[5]="BUDI";
char nama4[5]={'B','u','d','i','\0'}
char *nama5="Ini juga string";

Untuk mengisi suatu string caranya adalah :

strcpy(nama,"Ini string");
nama5="Ini juga string";

     Coba diperhatikan, untuk string yang dideklarasikan sebagai sebuah array karakter, pengisian nilainya adalah dengan menggunakan suatu perintah strcpy yang berguna untuk mengisikan suatu string ke string lain. Pengisiannya tidak boleh langsung. Tetapi jika string dideklarasikan sebagai sebuah pointer karakter, maka pengisiannya boleh diisikan secara langsung.






3 comments: