Home » , » Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

Posted by Tutorial Programming on Kamis, 02 Agustus 2012


A.  Program adalah suatu bentuk aplikasi atau bisa juga disebut software yang dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemrograman dan dapat menyelesaikan suatu Tugas, Fungsi, Perhitungan dengan menggunakan komputer. Bahasa Pemrograman merupakan kumpulan perintah-perintah yang dimengerti komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Sedangkan Pemrograman atau Programming merupakan teknik untuk membuat suatu Program dengan menggunakan Bahasa Pemrograman.

B.  Pemrograman berorientasi objek (OOP) ialah sebuah metode pemrograman berbasiskan hirarki kelas-kelas dan melibatkan objek. Pemrograman Berorientasi Objek merupakan fitur utama pada Java dimana syarat utamanya kita harus membuat program berupa kelas. Sebuah kelas  ialah sebuah struktur yang mendefinisikan data dan method untuk bekerja pada data tersebut.  Ketika kita membuat program OOP di java, semua data diselubung oleh sebuah kelas. 

C.  Kelas (Class)
Class mengizinkan Anda dalam mendeklarasikan tipe data baru. Ia dijalankan sebagai blueprint, dimana model dari object yang Anda buat berdasarkan pada tipe data baru ini. Di dalam kelas kita mendeklarasikan berbagai variabel/properties dan method.

D.  Object
Sebuah object adalah sebuah entiti yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik. Inilah instance sebenarnya dari sebuah class. Ini juga dikenal sebagai instance. Instance dibuat sewaktu Anda meng-instantiate class menggunakan kata kunci new. Dalam sistem registrasi siswa, contoh dari sebuah object yaitu entiti Student.

E.  Atribut
Atribut menunjuk pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. Dikenal juga sebagai member data, variabel instance, properti atau sebuah field data. Kembali lagi ke contoh sistem registrasi siswa, atribut dari sebuah siswa adalah nomor siswa.

F.  Method
Sebuah method menjelaskan behaviour dari sebuah object. Method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur. Sebagai contoh, method yang mungkin tersedia untuk entiti siswa adalah method register.


G.  Konstruktor
Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Ingat bahwa konstruktor bukan member(yaitu atribut, method atau inner class dari sebuah object).

H.  Package
Package menunjuk pada pengelompokkan class dan/atau subpackages. Strukturnya dapat disamakan dengan direktorinya.

I.  Enkapsulasi
Enkapsulasi menunjuk pada prinsip dari menyembunyikan desain atau mengimplementasikan informasi yang tidak sesuai pada object yang ada.

J.  Abstraksi
Sementara enkapsulasi menyembunyikan detail, abstraksi mengabaikan aspek dari subyek yang tidak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak mengkonsentrasikan yang ada.

K.  Pewarisan
Pewarisan adalah hubungan antara class dimana dalam satu class ada superclass atau class induk dari class yang lain. Untuk membuat kelas baru dari komponen kelas yang sudah ada, dapat kita gunakan turunan atau inheritance.  Di java kita menggunakan fungsi extends untuk menandakan suatu kelas ialah turunan dari kelas lain.

L.  Polimorfisme
Polimorfisme adalah kemampuan dari sebuah object untuk membolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda. Secara harfiah, “poli” berarti banyak sementara “morph” berarti bentuk.

M. Interface
Sebuah interface adalah sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta. Ketika sebuah class implements sebuah interface, ini mengimplementasikan semua method yang dideklarasikan dalam interface.


0 comments:

Posting Komentar