Home » » Penggunaan Neural Network

Penggunaan Neural Network

Posted by Tutorial Programming on Rabu, 31 Oktober 2012




Kapan Neural Network Digunakan?

Neural Network digunakan saat dihadapkan pada sistem yg sensitif. Sistem yang sensitif adalah sistem yang memiliki sifat mudah berubah, sehingga sulit dikontrol. Namun, jika sistem tersebut masih bisa dipaksa menggunakan linier programming, maka tidak perlu menggunakan Neural Network ini.

Contohnya, pada deteksi plat nomor kendaraan, sistem ini merupakan sistem yang sensitif, karena plat nomor kendaraan berbeda-beda, baik dari sisi jenis font yang digunakan, ukuran font yang digunakan, maupun cat yang digunakan, maka diperlukan non linier programming dalam sistem ini.

Contoh lainnya terdapat pada sistem finger print, karena pada saat menggunakan finger print ini biasanya user tidak memikirkan bagaimana letak posisi jari seharusnya, untuk 1 jari pada 1 orang yang dilakukan berulang kali bisa memiliki gambaran yang berbeda, sehingga bentuk kurva juga berbeda-beda. Jadi, perlu Neural Network dalam pengaplikasian alat ini.


Mengapa harus Menggunakan Neural Network?

            Neural Network ini digunakan karena sistem ini dapat belajar dari apa yang telah di ajarkan karena bekerja berdasarkan knowledge base. Sehingga, tidak perlu membangun program baru untuk sebuah informasi baru yang akan diajarkan pada Neural Network ini. Oleh karena itu, sistem ini disebut juga dengan learning system.


Bagaimana Menggunakan Neural Network?

            Neural Network hanya dapat bekerja jika inputnya berupa kurva. Oleh karena itu, semua objek yang akan diajarkan pada Neural Network harus diubah bentuknya menjadi kurva terlebih dahulu. Namun, sebelum mengubahnya ke dalam bentuk kurva harus dilakukan meaningful area dan ekstraksi ciri. Meaningful area adalah memfokuskan daerah yang penting saja yang harus dipelajari oleh Neural Network. Sedangkan ekstraksi ciri adalah membuat perbedaan kurva antar objek agar dapat dibedakan oleh Neural Network.


0 comments:

Posting Komentar