Artikel ini menjelaskan bagaimana kita membuat class
random image pada Java, dari sini timbul pertanyaan “kenapa kita membuat class
random image?” jawabannya adalah : agar memudahkan kita dalam mengolah image
yang akan kita gunakan. Misalkan dalam Game “Fire Your Brain” class ini
digunakan untuk merandom Image bola.
Cara untuk membuat class Random Image :
public class Animator {
private String nama,
rand;
ImageIcon icon;
public String
randomBola() {
int x = (int) (Math.random() * 9);
rand =
String.valueOf(x);
return rand;
}
public String
loadBall() {
nama =
"/Images/ball-";
return nama;
}
public ImageIcon
getIconBola() {
icon = new
ImageIcon(getClass().getResource(loadBall().toString() +
randomBola() + ".png"));
return icon;
}
}
Untuk
penjelasan Source Code diatas :
·
Method
randomBola()
Method ini digunakan merandom index bola,
yang akan menghasilkan nilai balik int index
dari hasil random.
·
Method loadBall()
Method ini digunakan mengakses letak
gambar bola, yang akan menghasilkan nilai balik String (berupa alamat URL Image).
·
Method getIconBola()
Method ini digunakan untuk Membentuk Icon Random,
dan Method ini yang kita panggil dikelas lain untuk mendapatkan Icon yang
Random, nilai balik Method ini berupa ImageIcon.
Setelah
kita buat class Animator diatas kita bias mengolah class tersebut dengan Thread
agar animasi kita terlihat lebih halus. Untuk Thread akan kami jelaskan sedikit
saja karena ini sudah ada dibuku maupun artikel pemrograman java.
Contoh class Thread:
class MyThread extends Thread implements
Runnable {
@Override
public void run() {
while (true) {
try {
sleep(1000);
} catch (Exception e) {
}
}
}
}
public class TestAnimator {
MyThread
myThread = new MyThread();
public void build() {
try {
myThread.start();
while(true)
{
bola[i].setIcon(event.animator.getIconBola());
}
} catch(InterruptedException ex){
}
}
}
Untuk
penjelasan Source Code diatas :
·
class
MyThread extends Thread implements Runnable. Ini
artinya kita buat class MyThread dengan meng-extend class Thread.
·
MyThread
myThread = new MyThread(); Kita membuat
object baru di class TestAnimator.
·
Untuk mengecek
kita tinggal panggil class TestAnimator di class main caranya dengan à new TestAnimator ();
0 comments:
Posting Komentar