Home » » Dasar - dasar pemrograman Java

Dasar - dasar pemrograman Java

Posted by Tutorial Programming on Kamis, 10 Mei 2012


- dibawah ini adalah pembahasan mengenai dasar-dasar pemrograman java
       
Dasar pemrograman pada JAVA meliputi : Komentar pada Java, Pernyataan dalam blok dan Java, Java indentifier, keyword dalam Java, Java literals, type data primitive, variable, dan operator.
1.  Komentar pada Java adalah catatan yang ditulis pada kode dengan tujuan sebagai bahan dokumentasi. Teks tersebut bukan bagian dari program dan tidak mempengaruhi jalannya program.

2.  Pernyataan dalam Blok adalah satu atau lebih baris kode yang diakhiri oleh semicolon. Contoh : System.out.println(“Hello World”); Sedangkan Blok adalah satu atau lebih pernytaan yang terbentang antara kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup yaitu sekumpulan pernyataan sebagai satu unit kesatuan.

3.  Java Indentifier adalah suatu tanda yang mewakili nama – nama variable, method, class, dll. Contoh : Hello, main, System, out.

4.  Keyword dalam Java ( Kata Kunci ) adalah indentifier yang telah dipesan untuk didefinisan sebelumnya oleh Java untuk tujuan tertentu.

5.  Java Literals adalah tanda bahwa tidak terjadi perubahan atau konstan. Macam – macam literals dalam Java : integer literals, float-point literals, Boolean literals, character literals dan string literals.

6.  Tipe Data Primitif pada pemrograman Java didevinisikan menjadi 8 yaitu : Boolean ( untuk bentuk logika ), char ( untuk bentuk tekstual ), byte, short, int, long ( integral ), double dan foat ( floating point ).

7.  Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek.

8.  Operator dalam Java ada bebrapa tipe, diantaranya adalah : operator aritmatika, operator relasi, operator logika dan operator kondisi.

               Dalam pemrograman Java ini kita juga kenal istilah Control Flow atau aliran flow yaitu berguna untuk menentukan urutan komputasi yang dilaksanakan. Dalam bahasa pemrograman terdapat 2 control flow yang dapat digunakan, yaitu Decision ( pengambilan keputusan ) dan loop ( pengulangan ). Decision akan menentukan proses selanjutnya yang akan dilaksanakan berdasarkan suatu kondisi yang di tentukan, sedangkan loop akan mengulang suatu proses sampai suatu kondidi di penuhi. Macam – macam decision adalah if, if-else, if-else if. Sedangkan macam – macam loop adalah while, do-while, for.


0 comments:

Posting Komentar