Home » , » Membuat Class Random Image Pada JAVA

Membuat Class Random Image Pada JAVA

Posted by Tutorial Programming on Sabtu, 30 Juni 2012


Artikel ini menjelaskan bagaimana kita membuat class random image pada Java, dari sini timbul pertanyaan “kenapa kita membuat class random image?” jawabannya adalah : agar memudahkan kita dalam mengolah image yang akan kita gunakan. Misalkan dalam Game “Fire Your Brain” class ini digunakan untuk merandom Image bola.

Cara untuk membuat class Random Image :

public class Animator {

    private String nama, rand;
    ImageIcon icon;

    public String randomBola() {
        int x = (int) (Math.random() * 9);
        rand = String.valueOf(x);
        return rand;
    }

    public String loadBall() {
        nama = "/Images/ball-";
        return nama;
    }

    public ImageIcon getIconBola() {
        icon = new ImageIcon(getClass().getResource(loadBall().toString() +
randomBola() + ".png"));
        return icon;
    }
}


Untuk penjelasan Source Code diatas :
·         Method randomBola()
Method ini digunakan merandom index bola, yang akan menghasilkan nilai balik int index dari hasil random.
·         Method loadBall()
Method ini digunakan mengakses letak gambar bola, yang akan menghasilkan nilai balik String (berupa alamat URL Image).
·         Method getIconBola()
Method ini digunakan untuk Membentuk Icon Random, dan Method ini yang kita panggil dikelas lain untuk mendapatkan Icon yang Random, nilai balik Method ini berupa ImageIcon.
Setelah kita buat class Animator diatas kita bias mengolah class tersebut dengan Thread agar animasi kita terlihat lebih halus. Untuk Thread akan kami jelaskan sedikit saja karena ini sudah ada dibuku maupun artikel pemrograman java.

Contoh class Thread:

class MyThread extends Thread implements Runnable {

    @Override
    public void run() {
        while (true) {
            try {
                sleep(1000);
            } catch (Exception e) {
            }
        }
    }
}

public class TestAnimator {

    MyThread myThread = new MyThread();

    public void build() {
       try {
           myThread.start();
           while(true) {
bola[i].setIcon(event.animator.getIconBola());
           }
      } catch(InterruptedException ex){
      }
   }
}

Untuk penjelasan Source Code diatas :
·         class MyThread extends Thread implements Runnable. Ini artinya kita buat class MyThread dengan meng-extend class Thread.
·         MyThread myThread = new MyThread(); Kita membuat object baru di class TestAnimator.
·         Untuk mengecek kita tinggal panggil class TestAnimator di class main caranya dengan à new TestAnimator ();


0 comments:

Posting Komentar