Home » , » Penjelasan Tentang JAVA Foundation Class

Penjelasan Tentang JAVA Foundation Class

Posted by Tutorial Programming on Jumat, 22 Juni 2012


JAVA FOUNDATION

     Java Foundation Class (JFC) merupakan sekumpulan class-class Java yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak berbasis GUI (Graphical User Interface). Selain itu, JFC juga mempunyai class-class yang digunakan untuk menambahkan fungsi dan kemampuan interaksi yang variatif dari pemrograman Java. Dari definisi ini, JFC tidak hanya berisi class-class GUI saja tetapi juga class-class lain yang dapat meningkatkan kemampuan pemrograman Java baik dari segi fungsionalitasnya maupun dari segi kemampuan interaksi pemrograman Java yang sangat kaya.

Fitur-fitur yang dipunyai oleh JFC

- Komponen Swing
      Memuat semua class-class yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi berbasis GUI, dari tombol, table, tab, menu, toolbar dan sebagainya
Look and Feel (LaF).

      Memberikan kemampuan kepada program Java yang dikembangkan menggunakan library swing untuk memilih tema tampilan. Misalnya sebuah program yang sama dapat mempunyai tampilan windows LaF atau Java LaF, atau LaF lain yang dikembangkan oleh komunitas seperti JGoodies.
Accessibility API.
     Faslititas untuk mengembangkan aplikasi bagi penyandang cacat, misalnya dukungan untuk membuat huruf braile, kemampuan mengambil input dari layar sentuh dan sebagainya.
Java 2D API.
     Berisi kumpulan class-class yang dapat digunakan untuk memanipulasi object-object 2 dimensi, sperti garis, kotak, lingkaran, kurva dan lain sebagainya. Selain itu Java 2D API juga memberikan kemampuan program yang ditulis menggunakan Java untuk mencetak output ke alat pencetak seperti printer.
Drag-anddrop.
     Menyediakan kemampuan drag-and-drop antara program Java dan program lain yang ditulis spesifik untuk suatu platform sistem operasi tertentu.
International ization (i18n).
    Membantu pengembang perangkat lunak untuk membangun aplikasi yang dapat mendukung semua bahasa dan huruf yang ada di dunia.
Tabel Feature JFC.
      Modul ini akan berkonsentrasi untuk membahas komponen swing. Pemilihan komponen dan library swing yang tepat dapat mempengaruhi kualitas program yang kita buat secara signifikan. Hal ini dikarenakan, dalam dunia Java Standard Edition, lebih spesifik lagi aplikasi Java yang dibangun menggunakan swing, belum ada framework yang benar-benar komprehensif membimbing pengembang untuk membuat aplikasi yang berkualitas. 

- Swing Package 
      Swing API sangat bagus dan lengkap, Java 6.0 menyertakan setidaknya tujuh belas (17) buah package yang berisi class-class swing yang siap digunakan.
javax.accessibility                     javax.swing.plaf
javax.swing.text                            javax.swing
javax.swing.plaf.basic             javax.swing.text.html
javax.swing.border                     javax.swing.plaf.metal
javax.swing.text.rtf                        javax.swing.colorchooser
javax.swing.plaf.multi             javax.swing.table
javax.swing.event                     javax.swing.plaf.synth
javax.swing.tree                            javax.swing.filechooser
javax.swing.undo   

      Dalam modul ini nanti kita hanya akan menggunakan beberapa class komponen swing yang penting saja. Beberapa kelas ini sudah cukup sebagai bahan  pemembuat perangkat lunak berkualitas.
     Komunitas Java juga menyediakan banyak sekali library swing, antara lain dari Swingx dan JGoodies yang mengembangkan library standard swing dengan menambahkan berbagai macam feature menarik. Sedangkan komunitas dari javadesktop.org mengembangkan banyak sekali library swing untuk keperluan khusus. Nyaris semua komponen yang kita perlukan baik komponen umum hingga komponen untuk tujuan khusus banyak tersedia di internet, kita tinggal mencari dan menggunakan.
     Praktek yang baik dalam memilih komponen apa yang tepat adalah dengan mencari dahulu informasi di internet. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi waktu kita mengembangkan komponen, sehingga kita bisa lebih banyak berkonsentrasi untuk

- Komponen Swing 
    Swing toolkit menyediakan banyak sekali komponen untuk membangun aplikasi GUI desktop. Swing toolkit juga menyediakan class-class untuk menangani interaksi antara aplikasi dan user menggunakan standard input seperti keyboard dan mouse. Komponen-komponen yang disediakan swing mencakup semua GUI toolkit yang lazim digunakan dalam apilasi desktop, seperti : JTabel, JList, JTree, JButton, JLabel dan masih banyak komponenkomponen lainnya yang sudah teruji dan siap pakai.
      Selain komponen GUI, swing juga menyediakan fasilitas untuk proses undo, komponen untuk mengolah text, internationalization, Komponen GUI yang mendukung penyandang cacat (accessibility support) dan fasilitas drag-and-drop.
     Look and Feel merupakan fasilitas yang unik dalam swing. Dengan fasilitas Look and Feel ini kita bisa dengan mudah merubah tampilan dari program kita sesuai dengan keinginan dan tujuan kita. Misalnya, agar program terlihat fancy atau agar program terlihat konsisten dalam segala keadaan.
     Swing juga menyediakan library Java 2D untuk pengolahan data secara visual, seperti mengolah gambar, object 2D, bahkan animasi. SwingLabs.org menyediakan libary Swing Painter yang merupakan pengembangan dari Java 2D, Swing Painter ini memungkinkan aplikasi swing mempunyai tampilan yang indah dan terlihat profesional.


0 comments:

Posting Komentar